Mahkamah Agung di Negeri Belanda

Buku ini berisikan berbagai informasi mengenai upaya lembaga peradilan Kerajaan Belanda mereformasi kedudukan, peran, serta pelaksanaan fungsi dan kewenangannya agar mampu memenuhi ekspektasi publik, yaitu terselenggaranya kekuasaan kehakiman yang berwibawa, berkualitas, dan efektif.

Baca

 

Konsep Ideal Peradilan Indonesia

Naskah ini merupakan refleksi dan ekstraksi atas pengalaman dan pembelajaran Lembaga Independensi Peradilan selama sepuluh tahun bergerak di bidang pembaruan peradilan.

Baca

 

 

Konsep Pengadilan Ideal

Newsletter yang berisi hasil kajian Lembaga Independensi Peradilan terhadap konsep pengadilan yang ideal di Indonesia.

Baca

 

 

Panduan Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Belanda

Buku ini merupakan sarana pertukaran informasi, pengalaman dan gagasan dari Pusdiklat Hukum Belanda (Stichting Studiecentrum Rechtspleging, SSR) telah berdiri selama lebih dari empat puluh tahun. Kehadiran buku ini dianggap penting untuk memastikan kurikulum dan pedoman pelatihan kandidat hakim Belanda bisa diakses secara lebih luas oleh peradilan Indonesia.

Baca

 

Pembatasan Perkara

Buku ini menyimpulkan diperlukannya pengaturan yang lebih baik mengenai pembatasan perkara di Mahkamah Agung. Pengaturan mengenai pembatasan perkara mendesak untuk segera diundangkan, terutama untuk memastikan proses peradilan yang cepat dan murah serta mengantisipasi peningkatan jumlah perkara di masa depan.

Baca

 

Penilaian Atas Website Pengadilan 2010

Buku ini berisi penilaian yang dilakukan terhadap seluruh website lembaga peradilan, sebagian lembag peradilan yang telah memiliki website dan memuat informasi-informasi bagi publik. Penilaian ini merujuk kepada ketentuan yang diatur di dalam UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SK Ketua Mahkamah Agung Nomor: 144/KMA/SK/ VIII/2007  tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan.

Baca

 

 

Pemetaan Implementasi Teknologi Informasi di Mahkamah Agung

 

Baca