Hemat Biaya dan Waktu, MA Buat e-Court untuk Perkara Perdata

Jakarta – Mahkamah Agung meluncurkan aplikasi e-court untuk memudahkan administrasi perkara perdata secara elektronik. Sistem ini dikatakan dapat memangkas waktu dan biaya panggilan. Aplikasi ini dibuat terkait terbitnya Perma Nomor 3/2018 tentang Administrasi Perkara di pengadilan Secara Elektronik. Sehingga diharapkan dapat memudahkan para pencari keadilan dalam perkara perdata.

“Mahkamah Agung membuat regulasi bagaimana menerapkan proses perkara secara elektronik dengan demikian adanya elektronik ini bahwa yang bersangkutan harus ada sistem elektronik,” ujar Hakim Agung Suhadi saat konferensi pers di kantornya, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2018).

Aplikasi ini dibuat untuk memenuhi asas peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Adanya pelayanan ini diharap dapat memperkecil pengeluaran biaya administrasi antara penggugat dan tergugat.

Aplikasi ini nantinya dapat menunjang proses pelaksanaan persidangan antara lain:
– Pendaftaran perkara secara elektronik yang sementara hanya dapat dilakukan advokat yang telah mendapatkan validasi oleh MA
– Pemanggilan secara elektronik
– Gugatan, jawaban, replik dan duplik secara elektronik
– Salinan putusan dalam bentuk dokumen elektronik
(jbr/jbr)

Sumber: Detik.com

Be the first to comment

Tinggalkan Komentar