Mengunjungi Lembaga Pendidikan Yudisial di Amerika

Foto 20131030 njc-building

Nevada-Amerika Serikat, PembaruanPeradilan.net

Beda peradilan beda pula sistem pendidikannya. Setidaknya hal inilah yang dapat dipetik dari study visit ke National Judicial College –sebuah lembaga pendidikan yudisial bagi profesi di bidang peradilan khususnya bagi para hakim negara bagian di Amerika Serikat. Lembaga ini berdiri sejak 1963 dan telah lebih dari 50 tahun berkontribusi dalam bidang pendidikan peradilan, sebagaimana misinya untuk “menjadikan pendidikan dan inovasi sebagai sarana untuk mencapai keadilan”.

Program-program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh National Judicial College dirancang khusus bagi hakim dan profesi lain di bidang peradilan yang mencari solusi praktis atas perkembangan permasalahan hukum yang timbul di masyarakat.

Selain itu para hakim yang berkeinginan mengikuti program diklat yang padat dengan topik-topik yang dihadapi pengadilan pada saat ini dan juga para hakim yang ingin menambah pengetahuan dan belajar dari hakim lainnya di dalam suasana belajar yang mengedepankan adult learning methodology  dan bersifat kollegial, dapat mengikuti program-program yang dijalankan oleh NJC.

Dalam melaksanakan program pendidikan dan pelatihan, NJC berkolaborasi dengan pengadilan-pengadilan negara bagian dan University of Nevada.  Program-program diklat tersebut atau yang disebut dengan judicial studies terbagi atas beberapa program yaitu: 1) Manajemen Hakim (Justice Management Program); 2) Pendidikan Yudisial (Judicial Studies Program); 3) Keahlian Beracara untuk Hukum Administrasi (Administrative Law Adjudication Skills); 4) Keahlian Penyelesaian Sengketa (Dispute Resolution Skils); 5) Keahlian Persidangan Umum (General Jurisdiction Trial Skills); 6) Keahlian Persidangan Khusus (Special Court Trial Skills); 7) Keahlian Hakim Adat (Tribal Judicial Skill).

Hampir seluruh –lebih tepatnya 90% pengajar di National Judicial College adalah para hakim yang secara sukarela mengajar sesuai permintaan NJC. Para Hakim Pengajar tersebut telah mengajar selama bertahun-tahun, bahkan ada yang telah rutin mengajar selama 15 tahun dan diberikan penghargaan oleh NJC sebagaimana dapat dilihat di Hall of Fame NJC ketika tamu memasuki arena lobi dan koridor.

NJC dikelola secara profesional sebagai lembaga pendidikan yang dipimpin oleh Presiden yang biasanya berasal dari mantan-hakim. Secara organisasi, NJC terdiri dari Direktur Akademi, Direktur Komunikasi, Direktur Pengembangan, Direktur Program Khusus dan para Staf yang bertanggung jawab melaksanakan pendidikan yudisial mulai dari perencanaan, pembuatan kurikulum, hingga monitoring dan evaluasi.

Apabila berkaca dengan sistem pendidikan bagi hakim di Indonesia, tentunya apa yang dipraktikkan di Amerika sangat berbeda baik dari segi sistem maupun kelembagaannya. Pendidikan bagi hakim di Amerika Serikat sangat beragam cara dan sistemnya, disesuaikan dengan status apakah hakim negara bagian (state Court) atau hakim federal (federal Judges). Setiap hakim negara bagian wajib mengikuti pelatihan berkelanjutan selama 20 jam setiap tahunnya, baik mengikuti pendidikan dan pelatihan di NJC maupun di pengadilannya masing-masing.

Selain itu, hakim federal juga disarankan mengikuti pelatihan. Bagi hakim tingkat federal, pelatihan dan pendidikan peradilan diadakan oleh Federal Judicial Center. Pelatihan diadakan sesuai kebutuhan dan tidak bersifat wajib.

Kunjungan belajar ke National Judicial College yang berada di kawasan kampus University of Nevada, Reno ini dilakukan oleh Fifiek Mulyana –anggota Tim Asistensi Pembaruan Peradilan pada Sabtu (30/10 2013) waktu setempat dalam rangkaian Program Eisenhower Fellowship South East Regional Program 2013.(*)

[fm/ya]

foto: www.judge.org

Be the first to comment

Tinggalkan Komentar