Rapat Seleksi Administrasi Calon Peserta Sertifikasi Lingkungan Hidup 2013

Foto 20130726 Rapat Tim Seleksi Hakim LHJakarta, PembaruanPeradilan.net

Pengumuman dan pendaftaran administrasi Sertifikasi Lingkungan Hidup 2013 sudah dimulai sejak 13 Mei 2013 hingga 25 Juli 2013.  Dari periode tersebut, Panitia telah menerima aplikasi dari 119 calon peserta dari Peradilan Umum dan 27 orang dari Peradilan Tata Usaha Negara (total 146 orang).  Pelatihan sertifikasi LH direncanakan akan diberikan untuk 150 orang yang dilaksanakan dalam 3 kelompok dari bulan Agustus hingga November 2013.

Rapat tim seleksi administrasi pada 26 Juli 2013 tersebut dilakukan untuk menyeleksi dan memutuskan kelulusan administrasi.  Ketua Tim Pelaksana Prof DR. Takdir Rahmadi, SH, LLM dalam pembukaan mengatakan bahwa keputusan kelulusan tim administrasi dilaksanakan secara terbuka dengan dihadiri oleh pejabat MA terkait, termasuk dari Badan Pengawasan.

“Hal ini dilakukan untuk memenuhi asas transparansi,” katanya.

Rapat Tim Seleksi Administrasi yang dipimpin oleh Ketua Tim Seleksi Administrasi, Prof. Dr. Basuki Reskodiputro, SH, LLM telah memutuskan kelulusan administrasi bagi 104 orang dari Peradilan Umum dan 25 orang dari Peradilan Umum (total 129 orang calon peserta).

Delapan orang pelamar tidak memenuhi syarat yang ditetapkan dalam tahapan administrasi, termasuk disebabkan yang bersangkutan terkena sanksi berat.  Nama-nama yang lulus tersebut akan diumumkan dalam situs Mahkamah Agung RI dan Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan Pelatihan Hukum dan Peradilan MA RI.  Undangan pemanggilan seleksi kompetensi dan integritas akan disampaikan kepada peserta segera setelah lebaran.

Tahap selanjutnya adalah calon peserta sertifikasi hakim lingkungan hidup mengikuti tes seleksi kompetensi dan integritas di Balitbang Diklat Kumdil MA RI.  Calon yang lulus tes seleksi kompetensi dan integritas akan langsung mengikuti pelatihan sertifikasi selama 10 hari kerja di tempat yang sama.(*)

[fm]

Be the first to comment

Tinggalkan Komentar