C4J Melanjutkan Dukungan Terhadap Program Pembaruan Peradilan

Rapat Pembahasan Rencana Kerja C4J di Gedung MA pada Selasa (25/5/2013)

Rapat Pembahasan Rencana Kerja C4J di Gedung MA pada Selasa (25/5/2013)

Jakarta, PembaruanPeradilan.net

Keberlangsungan program pembaruan peradilan tentunya membutuhkan dukungan dari banyak pihak, baik dari sumber daya pengadilan itu sendiri maupun sumber daya yang berasal dari pihak lain yang memiliki  visi sama dalam reformasi peradilan. Program Change For Justice (C4J) USAID yang menjadi salah satu dukungan terhadap program pembaruan peradilan telah memetakan Rencana Kerja Tahun 2013 yang didiskusikan dengan Tim Pembaruan Peradilan beserta para stakeholder  di Mahkamah Agung pada Selasa (24/2/2013).

Dalam rapat pembahasan tersebut, C4J mengusung kelanjutan beberapa program kerja yang tengah berlangsung. Salah satunya adalah dukungan terhadap sistem manajemen perkara di pengadilan negeri dengan Sistem Informasi Penelusuran Perkara, atau yang lebih dikenal dengan Case Traking System (CTS).

Setelah peluncuran pada CTS versi 2 pada Desember 2012 lalu, Ketua Mahkamah Agung M.Hatta Ali telah memberikan pengarahan yang jelas bahwa sebelum 2014 semua pengadilan negeri telah memanfaatkan CTS.

Hasil monitoring Ditjen Badan Peradilan Umum hingga April 2013 menyatakan masih ada 123 pengadilan yang belum aktif menggunakan CTS.

“Karena itu kami akan terus sosialisasikan penggunaannya baik dari sumber daya DIPA maupun dukungan donor dan tentu dukungan  C4J adalah tepat,” jelas Direktur Jenderal Badilum Cicut Sutiarso.

Dalam setahun ini, C4J juga tetap akan memberikan dukungan terhadap beberapa sektor lainnya. Antara lain dukungan terhadap pendidikan dan pelatihan, akses terhadap keadilan, manajemen dan akuntabilitas organisasi.

Selain itu untuk tahun ini C4J menambahkan satu komponen baru terkait keanekaragaman hayati. Hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran pengadilan terhadap isu-isu lingkungan hidup khususnya bagi pengadilan-pengadilan yang kerap memeriksa perkara lingkungan hidup. Beberapa kegiatannya antara lain dalam bentuk penyusunan modul, pelatihan terhadap hakim dan sosialisasi.

Melanjutkan dan Memastikan Tujuan

Dalam kesempatan ini Koordinator Tim Pembaruan Widayatno Sastrohardjono meminta agar dukungan C4J terhadap beberapa program yang tengah berjalan tetap dilanjutkan dan dipastikan mencapai tujuan yang diinginkan dalam perencanaan.

“Meskipun tengah berada di tahun kerja terakhir, kita harapkan seluruh pekerjaan selesai ,” arahan Hakim Agung spesialisasi perkara pajak ini.

Turut hadir dalam rapat ini perwakilan dari USAID, Dondy Setia, menyatakan tidak menutup kemungkinan akan adanya bridging program apabila program C4J telah berakhir.

Rapat ini sendiri dihadiri cukup lengkap para pemangku kepentingan dari sisi Mahkamah Agung yaitu Sekretaris MA, Kepala Badan Urusan Administrasi, Kepala Balitbangdiklat, Dirjen Badilum, Dirjen Badilag, Dirjen Badilmiltun, Kepala Biro Perencanaan, Kepala Biro Hukum dan Humas, serta Tim Asistensi Pembaruan.(*)

Be the first to comment

Tinggalkan Komentar