Kunjungan Delegasi FCA ke MA RI

Ketua MA RI berdiskusi ringan dengan Justice Murphy dari FCA

Jakarta, PembaruanPeradilan.net

Ketua Mahkamah Agung M. Hatta Ali berkesempatan menerima kunjungan kehormatan dari delegasi Federal Court of Australia yang dipimpin oleh Justice Bernhard Murphy pada Selasa (5/12/2012) pagi. Ketua Mahkamah Agung menyambut baik peran aktif FCA dalam skema kerjasama berkelanjutan yang telah berjalan selama beberapa tahun belakangan ini sebagai suatu yang sangat berharga dan perlu dilanjutkan terus menerus.

Ketua MA RI berdiskusi ringan dengan Justice Murphy dari Federal Cour of Australia

Ketua MA berpandangan bahwa dalam konteks pelatihan sertifikasi hukum lingkungan yang sedang diadakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan, kedatangan Justice Murphy sangat tepat dengan kebutuhan pengadilan Indonesia yang baru memulai proses sertifikasi hukum lingkungan. Dirinya berharap agar Justice Murphy dapat melanjutkannya di masa yang akan datang.

Di sisi lainnya, Justice Murphy menyampaikan bahwa pengalaman beberapa hari berinteraksi dengan para hakim Indonesia dalam pelatihan dan diskusi terkait class action sangat membuat dirinya bersemangat. Tingginya respons dari para peserta untuk melakukan diskusi interaktif bahkan sampai memaksa dirinya untuk mengubah metode seminar dari sekedar ceramah menjadi tanya jawab interaktif yang intensif.

“Slide presentasi yang saya siapkan, hanya terpakai 3/4-nya saja,” jelasnya antusias.

Just. Murphy optimis bahwa FCA dapat berperan aktif dalam mendukung upaya MA RI untuk menyempurnakan rezim kerangka hukum class action. Ia juga mengusulkan beberapa pakar class action internasional yang dapat berkontribusi.

Lebih jauh lagi, apabila MA RI setuju, ia akan menyempatkan datang dua kali dalam satu tahun. Ia akan bekerja 7 hari dalam seminggu penuh untuk bekerja membantu MA RI dalam hal pengembangan kerangka hukum class action. Hal ini tepat di saat MA tengah mempertimbangkan inisiatif program 3 tahun untuk menyempurnakan rezim hukum class action di Indonesia.

Dalam kesempatan baik ini Justice Murphy juga menyampaikan salam dari Chief Justice Patrick Keane yang baru saja dipromosikan menjadi hakim High Court of Australia. Chief Justice FCA digantikan oleh Justice Allsop yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Justice pada Supreme Court New South Wales.

Delegasi FCA berada di Indonesia sejak tanggal 3 Desember sampai tanggal 7 Desember 2012 sebagai bagian dari implementasi kerjasama antar pengadilan berdasarkan Memorandum of Understanding on Judicial Cooperatoon yang annex terakhirnya ditandatangani pada Oktober 2012 lalu di Brisbane, Australia.

Kunjungan ini meliputi sesi ceramah dan diskusi pada topik-topik yang meliputi mediasi, class action, kode etik panitera dan manajemen perkara. Termasuk dalam agenda kunjungan ini adalah kehadiran Justice Murphy di program sertifikasi Hukum Lingkungan bagi hakim Indonesia di Pusdiklat Mahkamah Agung Ciawi pada 3 Desember 2012 lalu.

Turut Hadir mendampingi Ketua MA adalah Wakil Ketua MA bidang Yudisial dan Non Yudisial, Ketua Muda Urusan Tata Usaha Negara dan Ketua Muda Pembinaan. Dari sisi FCA hadir juga Warwick Soden, CEO dan Registrar FCA, Sia Lagos. Turut mendampingi delegasi adalah Rachel Moore dan Doddy Kusadrianto dari AusAID serta Nicola Colbran dari IAPJ.(*)

[as]

Be the first to comment

Tinggalkan Komentar