Melihat Implementasi SIPP di PN Medan

Pengadilan Negeri Medan
Pengadilan Negeri Medan

Medan, PembaruanPeradilan.net

Kunjungan kerja Ketua Muda Perdata Mahkamah Agung Suwardi dan Hakim Agung Surya Jaya beserta rombongan ke Sumatera Utara pada 27-28 September 2012 mengemban beberapa agenda, yaitu sosialisasi SEMA No.6 Tahun 2012, Perma No.02 Tahun 2012 dan melihat implementasi Sistem Informasi Penanganan Perkara / Case Tracking System (SIPP / CTS) khususnya di Pengadilan Negeri Medan sebagai salah satu pengadilan percontohan implementasi SIPP.

“SIPP/CTS merupakan upaya Mahkamah Agung untuk melakukan modernisasi manajemen perkara dengan memanfaatkan teknologi informasi,” jelas Tuada Perdata MA di Pengadilan Negeri Medan pada Jumat (27/9/2012).

Menurut Hakim Agung Suwardi, modernisasi Manajemen Perkara merupakan salah satu misi yang harus diwujudkan dalam rangka mencapai visi Mahkamah Agung sebagai badan peradilan yang agung pada tahun 2035. Modernisasi manajemen perkara dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pengadilan dalam konteks pemenuhan pelayanan untuk masyarakat. Dirinya memberikan apresiasi kepada USAID yang melalui proyek Changes for Justice (C4J) mengembangkan SIPP ini.

Penerapan SIPP/CTS yang dilakukan secara bertahap akan menghasilkan perubahan mendasar dalam cara pengadilan bekerja untuk melaksanakan fungsinya. “Pekerjaan yang sejak dulu dilakukan secara manual dapat lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel dengan bantuan teknologi,” kata Atja Sondjaja, penasihat C4J yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam agenda peninjauan implementasi di PN Medan tersebut, Ketua Muda Perdata beserta rombongan melihat secara langsung sejauh mana implementasi dan keberhasilan penerapan SIPP. Secara acak Tuada Perdata meminta petugas/operator PN Medan untuk memperlihatkan informasi perkara yang sedang ditangani PN Medan yang hasilnya memang sudah baik, meskipun beberapa perkara yang sedang dalam proses belum ada updating informasi.

 “Sudah bagus, harus ditingkatkan lagi informasi agar lebih update,” kata Hakim Agung Suwardi memberikan apresiasi.

Terkait hal tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Medan Erwin Malau mengucapkan terima kasih atas apresiasi tersebut sekaligus memohon maaf apabila implementasinya belum prima. “Dengan segala keterbatasan, kami coba implementasikan. Kami di sini juga masih belajar,” jelasnya.

SIPP/CTS merupakan sebuah aplikasi manajemen perkara yang menyediakan data dan informasi untuk masyarakat seperti status perkara, jadwal sidang dan informasi lainnya yang dapat diakses melalui situs web maupun pada meja informasi di pengadilan. Bagi aparatur pengadilan, SIPP juga bermanfaat terkait pemasukan dan pengolahan data serta pencetakan laporan dan  untuk memonitor dan inventarisasi perkara yang ditangani oleh Pengadilan Negeri.

Selain peningkatan kinerja, penerapan SIPP juga dapat berdampak positif pada tingkat pelayanan terhadap masyarakat yang akan berujung pada meningkatnya kepercayaan kepada lembaga peradilan.

Terkait penerapan SIPP/CTS ini, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum telah mengeluarkan Surat Edaran No.559/DJU/Hk.00.7/VI/2012 tanggal 12 Juni 2011 tentang Pelaksanaan SIPP di Lingkungan Peradilan Umum. Kebijakan ini dikeluarkan sebagai arahan kepada pengadilan di lingkungan peradilan umum untuk menerapkan SIPP/CTS dalam proses manajemen perkara

Pada saat ini SIPP/CTS sedang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan administrasi perkara sesuai dengan Pola Bindalmin. Diharapkan akhir tahun ini, kita sudah memiliki aplikasi yang dapat mendukung pelaksanaan administrasi untuk semua jenis perkara, termasuk jurnal keuangan, dokumen template, dan pelaporan perkara secara elektronik.

Hingga saat ini tercatat sudah 52 pengadilan mencoba melakukan instalasi dan menayangkan SIPP/CTS secara online antara lain seperti PN Surabaya bahkan telah memasukan lebih dari 19.000 perkara, PN Klaten, PN Ciamis, dll.

Dalam kegiatan ini hadir rombongan dari MA adalah Ketua Muda Perdata Suwardi, Hakim Agung Suryajaya, Direktur Pembinaan Badilum Wahyudin, Tim Asistensi Pembaruan MA, rombongan C4J yang dipimpin Atja Sondjaja. Tampak pula kehadiran Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Ketua Pengadilan Negeri Stabat, dan sebagai tuan rumah Ketua Pengadilan Negeri Medan.(*)

[ya]

Be the first to comment

Tinggalkan Komentar