Percepatan Implementasi One Day Publish

Pin "One Day Publish" sebagai media kampanye yang dilakukan Kepaniteraan MA.

Jakarta, PembaruanPeradilan.net

Pin “One Day Publish” sebagai media kampanye yang dilakukan Kepaniteraan MA.

Kepaniteraan Mahkamah Agung RI meluncurkan program “One Day Publish” pada April 2012 lalu. Tujuan program tersebut adalah  memastikan informasi perkara sudah dapat diketahui di website Kepaniteraan MA pada hari yang sama ketika putusan diucapkan. Meskipun demikian, program tersebut dirasakan belum optimal pelaksanaannya.

Hasil data evaluasi Kepaniteraan MA menunjukkan masih ada sekitar 2.900an dari total 6.100an (sekitar 48%) perkara pada periode Januari-Juni 2012 yang belum tersaji informasi dan putusannya di website Kepaniteraan padahal perkara tersebut sudah putus dan telah dikirim kembali ke pengadilan pengaju. Oleh sebab itu para operator di Kepaniteraan MA diminta untuk melakukan percepatan publikasi informasi perkara dan putusan.

“Kegiatan ini akan fokus pada perkara yang telah dikirim, selain untuk upload putusan,” kata Sekretaris Kepaniteraan MA Ali Murad Harahap dalam surat yang ditandatanganinya (30/7/2012).

Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis sampai dengan Sabtu (2-4/8/2012) diikuti oleh 17 orang operator dengan pendampingan dari Tim Data Perkara Kepaniteraan MA dan Tim Asistensi Pembaruan Peradilan. Berdasarkan testimoni para operator, keterlambatan publikasi terjadi karena beberapa faktor. Misalnya keterlambatan proses persetujuan publikasi (approval), ketiadaan dokumen softcopy sehingga membutuhkan waktu tambahan untuk pengetikan.

Kegiatan percepatan ini fokus terhadap publikasi informasi dan putusan terhadap 2.900an  perkara. Catatan pada akhir kegiatan menunjukkan publikasi putusan sudah dilakukan terhadap 1.226 perkara. Meskipun tidak mencapai target (baru 48%-nya) tapi penyelesaiannya akan diupayakan dalam pekerjaan sehari-hari para operator.

Selain kegiatan percepatan semacam ini, Kepaniteraan MA melalui Tim Data Perkara secara rutin selalu melakukan monitoring terhadap kepatuhan prosedur yang sudah ditetapkan. Setiap bulannya, hasil monitoring akan disampaikan kepada Panitera MA yang akan menindaklanjutinya kepada para Panitera Muda MA.

One Day Publish Menurut UKP4

Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) turut mencatat crash program Kepaniteraan MA tersebut. Dalam situs resminya, UKP4 menyatakan bahwa Program One Day Publish adalah wujud itikad Mahkamah Agung untuk berbenah diri mempercepat mutu pelayanannya.

UKP4 menyatakan program ini pada prinsipnya, kapan suatu perkara diputus, maka pada hari itu juga dimaklumatkan atau dipublikasikan. Selain itu, MA juga akan memublikasikan putusan pada hari yang sama perkara tersebut dikirim ke pengadilan pengaju.

Program ini merupakan tindak lanjut dan implementasi dari SK Ketua MA terkait Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan yaitu SK KMA No.1-144/KMA/SK/I/2011.(*)

[ya]

Be the first to comment

Tinggalkan Komentar