Pemerintah Belanda Inginkan Kerjasama Hukum Lebih Erat

Foto Bersama Sekjen Depkeh Belanda Mr. J. Demmink dan rombongan beserta Pimpinan MA

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan komitmen Kerajaan Belanda untuk membangun kerja sama yang tidak hanya melibatkan MA saja. Selain itu akan dibangun juga kerja sama yang holistik dengan Kementerian Hukum dan HAM, Badan Perencanaan dan Pembangunan Sosial, Komisi Pemberantasan Korupsi dan Komisi Yudisial.

Ketua MA berharap pertemuan ini dapat menindaklanjuti hubungan bilateral kedua negara khususnya kerja sama di bidang yudisial. Ketua MA turut menjelaskan selama ini sudah terjalin kerja sama antara MA RI dengan Hogeraad dan besar harapan hubungan kerja sama akan ditingkatkan.

Beberapa program kerja sama yang akan diadakan antara lain penandatanganan MoU antara MA dengan Hogeraad, pertukaran hakim dan seminar para hakim antar negara.

“Kami sangat senang dengan hubungan kerja sama ini, dan kami mohon agar tidak segan-segan menghubungi kami baik secara langsung ataupun melalui kedutaan besar kami di Jakarta agar dapat memfasilitasi kerja sama tersebut,” kata Demmink.

Pertemuan ini turut dihadiri Ketua Muda Pembinaan, Ketua Muda Tata Usaha Negara, Hakim Agung dan para pejabat di lingkungan MA serta Tim Asistensi Pembaruan Peradilan.

Sedangkan delegasi dari Belanda, selain Sekjen sendiri, terdiri dari Mr. A. Ijzerman, Deputy DG Judicial Matters, Mr. E. Vriends, Deputy Director for International Relationship, Mrs. M. Heringa, Project Coordinator for International Relationship, ketiganya juga dari Departemen Keamanan dan Kehakiman Belanda. Turut mendampingi mereka ada Mr. Maarten Boef, Head Political Affairs, Mrs. Anja Roelofs, First Secretary of Politic Affairs, dan Octa Sakke, ketiganya dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda (*)